Festival Sastra & Rupa Kristiani 2018

Latar Belakang

Menjadi Indonesia dan Kristen adalah anugerah yang patut disyukuri. Karena itu mengekspresikan ke-Indonesiaan dan iman kekristenan secara kreatif adalah sebuah keniscayaan dan satu cara indah dalam membuka diri untuk dipahami oleh sesama dalam rumah besar Indonesia. Dalam rangka merayakan sastra dan seni rupa kristiani tersebut di atas, Biro Pemuda Remaja Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (BPR PGI) bersama Litera.id (situs sastra yang bernilai kristiani), SERUNI (Seni Rupa Kristiani), dan beberapa lembaga kristen akan menyelenggarakan Festival Sastra & Rupa Kristiani 2018.

Tema yang dipilih adalah “Aku dalam Kamu, Kamu dalam Aku, dengan subtema: Ragam Ekspresi Iman”. Tema ini diilhami teks yang dipetik dari kisah Yakub dan Esau dalam Kitab Kejadian 33:10, yang berbunyi, “Karena memang melihat mukamu adalah bagiku serasa melihat wajah Allah, dan engkau pun berkenan menyambut aku.”

Tema ini diambil karena kerap kita berpikir Tuhan jauh di atas langit. Padahal dalam rupa Yesus, Tuhan yang berwelas asih itu ada di antara kita dan kita dapat melihat-Nya melalui wajah ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek, teman, tetangga, orang yang belum kita kenal, bahkan orang yang memusuhi atau kita musuhi. Kita akan selalu merasa Tuhan dekat saat kita menanggung dan merayakan suka-duka sesama.

Subtema ragam ekspresi dimaksudkan untuk menggali cerita-cerita dari daerah, sebagai salah satu cara untuk menunjukkan otentisitas dan inklusivitas dalam meresepsi kitab suci, tata laksana ibadah dan tradisi kristiani yang hidup dan dihidupi oleh masyarakat. Dengan demikian diharapkan festival ini dapat menjadi forum bagi pekerja sastra dan rupa dan para penikmatnya untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, dalam mengekspresikan iman.

Tujuan Kegiatan

  • Menjadi ajang pertemuan insan sastra dan seni rupa kristiani lintas generasi.
  • Menjadi wadah bagi kreatif muda sekaligus memperkenalkan dunia sastra & rupa kristiani.
  • Menjadi ajang dialog dalam rangka bertukar pikiran, memperkenalkan gagasan, dan tradisi di wilayah masing-masing.
  • Menguatkan potensi sastrawan dan perupa kristiani di Indonesia
  • Membangun kesadaran akan pentingnya literasi dikalangan generasi muda Kristen
  • Memberi apresiasi atas prestasi dan dedikasi insan sastra dan rupa kristiani di Tanah Air.

Adapun kegiatan ini akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:

Prafestival

  1. Sayembara Menulis Cerpen atau Puisi
  2. Kemah seni dan sastra untuk remaja
  3. Lomba Resensi Buku Antologi Cerpen
  4. Kontes Mural

Festival

  1. Bengkel Kaya
  2. Bincang-Bincang
  3. Diskusi Tematik
  4. Pameran & Lelang Lukisan
  5. Eksposisi Tokoh
  6. Pemutaran Film dan Diskusi
  7. Bazar Buku
  8. Pemberian Anugerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *